Peran Filantropi Dalam Program Pembentukan Perilaku Gizi Seimbang di Sekolah Alam Bengawan Solo

Latar Belakang

Sekolah Alam Bengawan Solo (SABS) merupakan salah satu sekolah alam alternatif di Jawa Tengah yang memiliki komitmen untuk menyelenggarakan pendidikan yang membangun kesehatan fisik dan mental siswa. Terdapat program pembentukan perilaku gizi seimbang yang didukung oleh praktik filantropi. Sumbangan berupa harta, fasilitas, tenaga, waktu, pemikiran dan keahlian datang dari berbagai kalangan seperti pengusaha, orangtua, masyarakat lokal, dan universitas.

Tujuan

Mendeskripsikan dan menganalisis peran filantropi dan strategi SABS dalam mengembangkan mitra filantropi dalam program pembentukan perilaku gizi seimbang siswa.

Metode

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam (indepth interview), dokumentasi, observasi, dan studi pustaka. Subjek penelitian dipilih dengan metode purposive sampling yaitu pemilihan sampel berdasarkan pada karakteristik yang terkait topik penelitian.  


Nama : Dyah Kustiara

NIM : 17/418225/PKU/16717

Instansi : Universitas Gadjah Mada
Fakultas : Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan
Jurusan : Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat

Judul Penelitian : Peran Filantropi Dalam Program Pembentukan Perilaku Gizi Seimbang

 di Sekolah Alam Bengawan Solo

About Us

Pengembangan filantropis di sector kesehatan, memerlukan pendekatan dimana filantrofis dikaji secara ilmiah dan menjadi bagian system pembiayaan. Secara akademisi, konsep dan teori filantropis di sector kesehatan perlu dikaji, diteliti, dan disebarkan secara luas ke seluruh Indonesia

Connet With Us