Pusat Analisis Determinan Kesehatan (PADK) Kementerian Kesehatan RI

Reportase Forum Dialog Penyusunan Analisis Kebijakan
Peran Pemberdayaan Masyarakat Melalui Filantropi
untuk Pembangunan Kesehatan

Jakarta 2 - 4 September 2019


Dalam beberapa tahun terakhir, filantropi diketahui memiliki peran besar dalam pembangunan di berbagai sektor, termasuk kesehatan. Oleh karena itu, Pusat Analisis Determinan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengadakan forum dialog terkait filantropi khususnya dalam bidang kesehatan. Tujuan kegiatan ini untuk mendapatkan masukan terkait penyusunan dokumen analisis kebijakan peran pemberdayaan masyarakat melalui filantropi untuk pembangunan kesehatan. Rangkaian kegiatan ini diadakan pada 2 - 4 September 2019 bertempat di Hotel Ibis Jakarta Cawang. Forum ini diikuti oleh berbagai pemangku kepentingan baik dari daerah maupun pusat. Peserta berasal dari Dinas Kesehatan Banten, Padang, Bali, Jabar, Makassar, Surabaya, Kudus, dan Bekasi, serta RSU Kudus, Dompet Dhuafa, dan Yayasan Haji Kalla. Sebagian besar peserta dari dinas kesehatan berasal dari bagian Promosi Kesehatan. Sementara itu, peserta yang berasal dari Kemenkes RI yang hadir diantaranya adalah perwakilan dari Direktorat Kesehatan Lingkungan, Direktorat Pelayanan Kesehatan Primer, Direktorat Kesehatan Keluarga, dan Kelompok Kerja (Pokja) Siklus Hidup.

Reportase Youth Circle Jakarta Vol. 04: "Funding in NGO, Capital to Do Good? Yes, please!"

img1Organisasi non profit mengandalkan berbagai sumber pendanaan untuk operasional dalam mencapai misi - misi organisasi mereka. Anggaran tahunan suatu organisasi non profit dapat mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Oleh karena itu, upaya penggalangan dana sangat penting bagi sustainabilitas dan keberhasilan organisasi non profit. Donor swasta khususnya korporasi besar merupakan salah satu sumber potensial untuk pendanaan organisasi non profit. Namun, saat ini banyak organisasi non profit yang mulai bergeser pada sejumlah besar donatur kecil dibandingkan sejumlah kecil donatur besar.

Reportase International Seminar on Health Philanthropy

International PhylanthropiPKMK – Yogya. International Seminar on Health Philanthropy perdana yang digagas oleh Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan (PKMK) Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK - KMK) Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 23 April 2019 telah sukses dilaksanakan. Para peserta yang berasal dari kalangan profesional maupun akademik sangat antusias mengikuti rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir. Acara dimulai dengan Overview on Health Philanthropy oleh Prof. dr.  Laksono Trisnantoro, M.Sc, PhD, dilanjutkan dengan opening speech oleh dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc., PhD. sebagai wakil dekan FK - KMK UGM. Pada opening speech, dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc., PhD. memaparkan kerjasama yang telah dan sedang dilakukan UGM dengan beberapa lembaga filantropi nasional maupun internasional, serta menyampaikan terima kasih kepada para ahli filantropi kesehatan dari berbagai negara dan peserta yang hadir.

Optimalisasi Pemanfaatan Pembayaran Digital Untuk Kegiatan Filantropi

Seminar GopayJakarta - Filantropi Indonesia yang merupakan satu - satunya asosiasi filantropis di Indonesia, rutin mengadakan forum diskusi, seminar, dan kegiatan sejenis yang berkaitan dengan filantropi. Salah satu kegiatan rutinnya adalah learning forum. Pada 14 februari 2019, Filantropi Indonesia bekerjasama dengan Go-Jek mengadakan Philanthropy Learning Forum ke - 20 dengan judul “Optimalisasi Pemanfaatan Pembayaran Digital untuk Kegiatan Filantropi” yang bertempat di Auditorium Go-Learn, Go-Jek Head Quarter Jakarta. Dalam acara ini, Filantropi Indonesia juga menggandeng kitabisa.com dan Baznas selaku lembaga filantropi populer di Indonesia yang sudah menerapkan digitalisasi dalam segala bentuk penyampaian dananya. Pada era milenial seperti sekarang ini, kegiatan fundraising yang dulunya dilakukan secara konvensional (misalnya dengan kotak amal, permohonan sumbangan door to door atau di pinggir jalan, melalui proposal, dan seterusnya) sudah mulai bergeser ke penggunaan teknologi digital untuk meningkatkan efektivitas charity-nya.

About Us

Pengembangan filantropis di sector kesehatan, memerlukan pendekatan dimana filantrofis dikaji secara ilmiah dan menjadi bagian system pembiayaan. Secara akademisi, konsep dan teori filantropis di sector kesehatan perlu dikaji, diteliti, dan disebarkan secara luas ke seluruh Indonesia

Connet With Us