Filantropi di RS Swasta Keagamaan Australia (Studi Kasus: RS St.Vincent) Gedung Litbang Lt. 1 FK - KMK UGM Jumat, 27 September 2019

Webinar AustraliaSt. Vincent’s Hospital merupakan satu dari 100 rumah sakit terbaik dunia versi Newsweek. Rumah sakit ini memiliki sistem pembiayaan yang sangat baik dan sudah menerapkan filantropi sebagai sumber dana komplementernya. Webinar Filantropi di RS Swasta Keagamaan Australia (Studi Kasus: RS St.Vincent) ini membahas mengenai konsep penggalian dana filantropi, jaringan St. Vincent’s Hospital, serta sistem pajak terkait filantropi di Australia dan refleksinya di Indonesia. Menurut sebagian besar rumah sakit di Indonesia khususnya keagamaan merupakan lembaga campuran yang memiliki nilai kemanusiaan sekaligus berorientasi komersial. Namun, dewasa ini banyak rumah sakit yang cenderung ke arah komersial, dilihat dari berkurangnya dana kemanusiaan untuk rumah sakit. Sementara, di negara maju seperti Australia, dana kemanusiaan tetap dikembangkan.

Etika dalam Menginvestasikan Dana Publik dan Filantropis dalam Kesehatan dan Iklim

Artikel ini menerapkan berbagai kerangka kerja etis untuk menginformasikan pengambilan keputusan tentang investasi dalam dua aspek spesifik — memperkuat kesehatan masyarakat dan menstabilkan iklim global. Peneliti mulai dengan menguraikan bagaimana hal ini secara tradisional bersaing untuk sumber daya bersama dan terbatas. Peneliti kemudian membahas bagaimana pandangan persaingan ini menjadi lebih problematis dengan munculnya dan mendorong pembenaran etis untuk investasi pada kedua hal itu berdasarkan analisis utilitarian, Rawlsian, dan komunitarian. Peneliti menyimpulkan dengan menunjukkan bahwa hal itu tidak lagi bersaing head to head dengan cara zero-sum. Artikel ini dipublikasikan pada 2017 di AMA Journal of Ethics.

Filantropi di RS Swasta Keagamaan Australia

wEBINAR Di Australia

Magister Manajemen Rumahsakit UGM bekerjasama dengan Pusat Kebijakan dan Manajemen Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM akan menyelenggarakan Webinar Filantropi di RS Swasta Keagamaan Australia (dipancarkan langsung dari Melbourne Australia oleh Prof. Laksono Trisnantoro)

Studi kasus: RS St.Vincent 

Webinar akan dilaksanakan pada: 

Hari, tanggal: Jumat, 27 September 2019,
Waktu : 13.30 - 15.00 WIB
Tempat : Common Room Gedung Litbang Lt. 1 FK-KMK UGM

Pembahas di Jogja:

- dr.Tri Ermin Fadlina, M.Kes (RS Nurhidayah Yogyakarta)
- dr.Devie Sp.A (RS Bethesda / Yakkum)

Dokter sebagai Penggalang Dana: Filantropi Medis dan Hubungan Dokter – Pasien

Lembaga medis Amerika umumnya memiliki program "pasien bersyukur" yang meminta sumbangan dari orang kaya yang menerima perawatan. Dokter sering didorong untuk membantu dalam program ini. Upaya pengembangan telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, dan meningkatnya ketergantungan pada pengumpulan dana dokter berisiko mengaburkan batas antara perawatan klinis dan penggalangan dana. Perubahan baru pada Peraturan Privasi Portabilitas dan Akuntabilitas Asuransi Kesehatan AS (HIPAA) melanjutkan tren itu dengan memungkinkan pejabat pembangunan mengakses jenis informasi klinis tertentu tanpa persetujuan pasien. Praktek penggalangan dana dokter dari pasien mereka sendiri menimbulkan tiga keprihatinan utama: (1) tekanan yang tidak semestinya pada pasien untuk berkontribusi, (2) kemungkinan harapan perlakuan istimewa dari donor, dan (3) kekhawatiran tentang kerahasiaan dan kepercayaan pasien.

About Us

Pengembangan filantropis di sector kesehatan, memerlukan pendekatan dimana filantrofis dikaji secara ilmiah dan menjadi bagian system pembiayaan. Secara akademisi, konsep dan teori filantropis di sector kesehatan perlu dikaji, diteliti, dan disebarkan secara luas ke seluruh Indonesia

Connet With Us